Kumpulan Resep Mpasi Babybear

Dear Lovembre ... Sejak menginjak usia setahun, di mana menu makanan bayi sudah bisa mengikuti menu keluarga. Aku mulai agak jarang memposting #resepmpASI di Instagram story aku. Namun, aku tidak mau melewatkan pentingnya menjaga asupan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupannya. Untuk itu, beberapa teman ada yang menyarankan agar #resepmpASI kemarin dikumpulkan dalam satu artikel saja. Guna memudahkan mereka yang ingin mencari ide menu mpASI, baiklah ...here we go :)

Mengingat dulu sebelum membuat ide makanan baru, selalunya mengintip Instagram. Yang biasanya berujung di akun ibu ini, karena menu-menu mpASInya bervariasi sekali. Tak jarang aku memasaknya ulang, terima kasih ya Bun.

Nah, buat para buibu yang mungkin sedang berkunjung ke blog ini. Sila diintip beberapa resep mpASI di bawah, mulai dari babybear berusia 8 bulan hingga 12 bulan.

1. Mashed Potato with Bolognese Sauce

mpasi-resep

2. Telur Dadar Gulung Isi Daging

mpasi-resep

3. Udang Asam Manis

resep-mpas-udang

4. Corn Chicken Soup

resep-mpasi-9bln

5. Dori Asam-Asam

resep-mpasi-ikan-dori

6. Tumis Ayam Tahu

resep-mpasi-tumis-ayam

7. Chicken Macaroni Schotel

Chicken-Macaroni-Schotel

8. Kabocha Schotel With Garlic Bread

resep-mpasi-kabocha-merah

9. "Lodeh" Manisa Jagung

Lodeh-Manisa-Jagung

10. Dory Vegie Soup With Oatmeal

resep-mpasi-lengkap

Kalau sedang longgar, sambil memasak kusempatkan membuat video resep mpASI seperti dua video ini ...

11. Dori Bayam Merah

12. Sup Tuna Brokoli


**
Biasanya, begitu selesai mempublikasi resep di Instagram story beberapa ada yang menanyakan hal-hal berikut, jadi aku rangkum sekalian saja ya. Siapa tahu berfaedah, ini dia ...

Q & A (Question and Answer)

Bahan-bahan makanan apa sajakah yang selalu siap sedia di dapur?
Sudah pasti bahan-bahan berikut hampir selalu tersedia:
  • bawang putih, bawang bombay
  • EVOO (extra VIRGIN olive oil), ELOO (extra LIGHT olive oil)
  • karbo: oats, kentang, beras atau pasta (aku memilih yang gluten free, MSG free)
  • keju, untuk tekstur melting Babybel, creamy bisa menggunakan merek Kiri atau Belcube
  • unsalted butter
  • parsley
  • air kaldu ayam
Lebih suka kaldu ikan, daging atau ayam?
Dari ketiga jenis kaldu tsb, aku lebih sering menggunakan kaldu ayam. Selain tidak amis, cita rasanya pun lebih terasa.

Bagaimana tekstur dan jumlah takaran yang sesuai dengan usia si kecil?
Beberapa resep di atas kubuat berdasarkan kemampuan mengunyah si kecil, di mana sudah tentu masing-masing anak berbeda yah kemampuannya. Tapi, untuk mengetahui tentang tahap kenaikan tekstur mpASI, aku biasanya merujuk ke informasi berikut, sedangkan untuk kapasitas makannya lebih aku sesuaikan dengan kemampuannya saja.


***
Okay dear, semoga beberapa kumpulan resep mpASI di atas bermafaat buat kalian ya. Si kecil lahap, ibu pun senang ... selamat makan :)

18 comments:

  1. Variatif dan kreatif banget mom menunya. Jadi kangen MPASI, sekarang si adek uda ikut menu keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masakin menu variatif gini selalu bikin kangen ya mbak :)

      Delete
  2. Waaah sangat bermanfaat sekali informasinya untuk saya. :)

    ReplyDelete
  3. mama bear junjunganku :D
    kreatif sekali. aku sering skrinsut resep mpasi baby bear di ig story, tapi ya ga eksekusi2. hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk isooo ae MrsM tempat tjurhatku kala lg suntuk ... guna mewaraskan pikiran ya jeunk hihi.

      Delete
  4. Wah banyak variasi menunya nih, kreatif dan keliatan enak2 banget.
    Anakku dulu waktu kecil juga suka makan mashed potato :)

    ReplyDelete
  5. Waaahhh rajin amat bun, kalau saya biasanya masak apa adanya saja, maklum emak malas hahaha.

    Bisa deh kapan2 dicontek buat bayi saya :)

    ReplyDelete
  6. Kreatif sekali. Saya belum nikah sih. Di save dulu buat nanti. Hehe

    ReplyDelete
  7. Wah super sekali mak.... Jadi malu kagak bisa masak

    ReplyDelete
  8. wah mbak bermanfaat sekali postingannya. Kali kali ada nambah anak lagi bisa nyari resep MPASI di sini :D

    ReplyDelete
  9. ini menu mpasi tapi kok aku ngiler ya mba. enak nih kalo pas pilek bikin buat sendiri, haha

    ReplyDelete
  10. Waw..ini mah bukan cuma bayi atau anak2 aja, dewasa kayak aku juga doyan wkwkwkwkw :D Mau ah ikutin resep mamah yang satu ini. Begizi semua kayaknya nih makanan enak nikmat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang saya bikin lebih porsinya, buat yg masak alias buat emaknya juga haha.

      Delete
  11. Mbakkkk, saya boleh nyontek ya menu MPASInya, biar gampang Pas bikin hehe, saya paling senang melihat anak mulai memasuki masa Mpasi, genes, semoga anak-anak sehat selalu ya

    ReplyDelete
  12. mbaa mau tanya, air kaldu ayam itu dipakainya kapan aja ya?
    Btw izin nyontek resepnya ya mbaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mbak, kaldu ayam ini biasa kugunakan sebagai pengganti penyedap rasa. Biasanya kalau ditambahkan kaldu ayam, rasa masakannya jadi lebih gurih :)

      Delete