Budget Pesta Ulang Tahun Anak Sederhana

Budget Pesta Ulang Tahun Anak Sederhana - Seperti dibilang dedek gemes Alffy Rev, bahwa "Sederhana itu priceless" ... maka, ketika hendak sedikit berbagi kebahagiaan bersama keluargaku. Tercetus ide untuk membuat pesta ulang tahun anak yang sederhana saja, sederhana seperti apakah? Karena seperti halnya mewah, mewah untukku bukan berarti mewah juga untuk si dia. Begitu pula dengan sederhana, sederhana untukmu tapi tidak buatku. Relatif ...

Bingung? Ya sudah, daripada berputar-putar bingung karena membaca kalimat pembuka barusan, berikut caraku mensyukuri ulang tahun pertama babybear dengan mengundang beberapa kerabat makan siang di rumah. Nah, buat kalian yang ingin tahu bagaimana mengatur budgetnya supaya tidak over atau berlebih? Yuk, kita kupas satu persatu [mangga kalik dikupas hihihi].

Dekorasi

budget-dekorasi-pesta-ulang-tahun
Tentukan dulu kita ingin dekorasi pesta ulang tahun dengan tema seperti apa, kalau masih bingung bisa cari-cari ide dulu di internet. Seperti kemarin, aku mencari inspirasi dekorasi ini melalui tagar Instagram #birthdaydecorations. Setelah muncul ide, marilah kita belanja kebutuhan dekor tsb.

Untuk menyesuaikan budget yang ada, baiknya kita belanja kebutuhan pesta di toko yang khusus menjual alat-alat pesta. Karena biasanya harga aksesoris dekor pesta akan lebih murah. Untuk daerah Malang Sawojajar dan sekitarnya, kalian bisa mampir ke Toko Rizky yang terletak di jalan Danau Maninjau Barat. Memang bukan toko khusus yang menjual pernak-pernik pesta, tapi di sini semua kebutuhan anak hampir semua tersedia pun dengan harga yang miring.

Foto di atas tsb adalah dekorasi ulang tahun pertama babybear kemarin, dinding ruang tamu kujadikan background sebagai photobooth ala-ala. Menghiasnya dengan birthday flag, dan ejaan nama panggilan si kecil dengan balon foil, tak ketinggalan balon-balon metalik berwarna-warni sebagai item wajib di pesta ulang tahun.

Berapa budgetnya? Ini dia:
balon metalik @6.000 isi 6 beli 7 = 42.000
balon foil @8000 beli 5 = 40.000
renda background @17.500 beli 4 = 70.000
tangkai balon 12.000 isi berapa lupa
pompa balon 25.000
birthday flag 25.000
ongkos becak 30.000
total 244.000


Kue Ulang Tahun

kue-ulang-tahun-malang
Walau kemarin tidak menghadirkan acara tiup lilin, tak lengkap rasanya ulang tahun tanpa cake tart. Instagram, masih kujadikan jujukan untuk mencari bakery shop yang melayani pemesanan cake tsb. Tummicake yang berlokasi di Jalan Silikat Malang menjadi best recommended, karena selain melayani pemesanan cake tart. Ia pun melayani pemesanan cupcakes, dan yang paling mengasyikkan kue dapat dipesan sesuai rikues.

Karena kemarin pun, semua cake, maupun cupcakes kupesan by rikues loh. "All about Brownie Line" Cukup mengirimkan foto via Whatsapp, di hari H kue pesanan kita datang sesuai dengan yang kita inginkan. Satu lagi nih, kalian yang tidak terlalu suka manis pas rasanya kalau memesan cake di sini. Karena manisnya pas, bahkan tidak terlalu manis menurutku.

Dan ini dia budgeting untuk kuenya:
cake tart karakter Brownie 270.000
cupcake untuk Danish 6 pcs 72.000
cupcakes karakter Brownie untuk souvenir 10pcs 130.000
Total 472.000

Sajian makanan

katering-malang
Namanya pesta pastinya ada acara makan-makannya dong ya, untuk itu kemarin aku meminta bantuan ke sepupuku untuk memasakkan menu favorit keluarga. Si menu legendaris, Soto Banjar.

Rezeki memang tidak ke mana, sepupu tidak menargetkan biaya memasak sama persis seperti kalau kita memesan di katering. Karena biasanya untuk satu porsi Soto Banjar komplit, dihargai Rp20.000,- sedangkan kemarin aku hanya dikenai biaya ala kadarnya saja. Terima kasih sepupuku sayang :*

Dan berikut budgeting untuk sajian makanan:
menu Soto Banjar komplit = 500.000
es kopyor 55.000
camilan 100.000
perlengkapan box, gelas, sendok 60.000
Total 715.000

***
Tak semua pesta ulang tahun membutuhkan biaya banyak, tergantung budget masing-masing keluarga juga ya tentunya. Alhamdulillah kami mensyukurinya dengan makan siang bersama keluarga.

Jadi, mulai dari dekorasi, cake tart sampai menu makanan. Total biaya yang kuhabiskan untuk mengadakan pesta ulang tahun sederhana kemarin adalah sebesar Rp1.431.000,-

Tidak perlu bingung venue di mana, yang kuundang pun hanya keluarga di Malang saja mengingat kalau mengundang yang di Surabaya kurasa akan merepotkan. Untuk itu pesta ulang tahun dadakan kemarin berlangsung hangat, sederhana namun tetap berkesan.

Due to November is lovembre, semoga kebahagian penuh cinta selalu menyertai keluarga kami ... dan kalian tentunya. Mau mengadakan pesta ulang tahun si kecil di rumah? Yuk, rencanakan sekarang :)

with luv ♡

No comments:

Post a Comment